Personal Branding @hansenvendiagus14 Sebagai Content Creator di Media Sosial TikTok

Dian Saputra, Zikri Fachrul Nurhadi, Rosanti Utami Dewi Suyatman Yatnosaputro

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya kemunculan content creator baru yang menyebabkan persaingan sesama profesi. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan personal branding Hansen Vendi Agus sebagai content creator pada akun TikTok @hansenvendiagus14 ditengah banyaknya persaingan dengan content creator lain di media sosial TikTok. Metode pada penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teori yang digunakan yaitu teori personal branding menurut Peter Montoya. Hasil penelitian yakni personal branding yang diciptakan oleh Hansen telah memenuhi dari delapan dimensi yakni: Spesialisasi, Hansen memiliki ciri khas dengan sebutan yaitu my son, dan bertutur kata menarik. Kepemimpinan yang dimiliki yakni tegas dimana dapat menggiring audies dengan selalu tau apa yang diinginkan oleh penontonnya. Hansen memiliki Kepribadian cerdas, kreatif, lucu, ramah dan sederhana. Pembeda yang terlihat dari Hansen selalu fariatif dengan alur konten serba baru. Untuk tetap Terlihat Hansen selalu konsisten dan memanfaatkan fitur TikTok. Hansen memiliki Kesatuan dalam beretika baik dan selalu menjaga sikap. Keteguhan yang dimiliki oleh Hansen selalu mengikuti trand TikTok serta konsisten. Untuk menjaga Nama Baik Hansen memberikan klarifikasi bila terjadi kesalah pahaman dan mengungah konten yang positif. Dengan terpenuhinya delapan dimensi tersebut Hansen menciptakan personal branding berbeda dengan pesaing sesama profesinya.

Keywords


Personal Branding, Content Creator, Media Sosial, TikTok, Hansen Vendi Agus

References


Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2020). Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 220–228. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.220-228

Ardiansyah, F., & Sinduwiatmo, K. (2023). Tiktok Sebagai Media Personal Branding Melinda Rohita. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 169–180. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2586

Ardianto, D. J., & Zulfiningrum, R. (2022). Penggunaan TikTok Sebagai Personal Branding Benjamin Master Adhisurya (iben_ma). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5980–5989.

Dinata, C., & Aulia, S. (2022). Analisis Personal Branding Content Creator TikTok @claramonica. Kiwari, 1(1), 156. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15672

Jamil, H., Hamad, I., & Sari, Y. (2023). Personal Branding Puan Maharani Pada Akun Instagram @Puanmaharaniri Menuju Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(2), 205–217. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i2.2631

Montoya, P. (2002). The Brand Called You Create a Personal Brand That Wins Attention and Your Business. New York: Mc Graw Hill.

Mujianto, H., Nurhadi, Z. F., & Kharismawati, K. (2021). Instagram Sebagai Media Pembentuk Personal Branding. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(2), 154–169. https://doi.org/10.33884/commed.v5i2.3138

Novitasari, T. N., & Setyawati, S. P. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri. Prosiding SEMDIKJAR …, 314–321. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3667%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/download/3667/2438

Rizalty, M. A. (2024). Data Pengguna Aplikasi TikTok di Indonesia pada Oktober 2021-Januari 2024. Retrieved from https://dataindonesia.id/internet/detail/data-pengguna-aplikasi-tiktok-di-indonesia-pada-oktober-2021januari-2024

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 2(September), 30–38. Retrieved from www.antara.com

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital Content Creator Phenomenon In Digital Era. Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2), 438–443. Retrieved from https://www.youthmanual.com/profesi/media-dan-

Weimann, G., & Masri, N. (2023). Research Note: Spreading Hate on TikTok. Studies in Conflict and Terrorism, 46(5), 752–765. https://doi.org/10.1080/1057610X.2020.1780027

Wijaya, M. H. dwi, & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734

Yunitasari, C., & Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v10i1.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright