Analisis Framing Pemberitaan Kontroversial Campaign Zara “The Jacket” Singgung Korban Gaza Pada Bbc News & Suara.Com.
Abstract
This research focuses on how online media presented the news of the controversial case of the ZARA Atelier "The Jacket" campaign which was considered offensive to Gaza victims on two national online media Suara.com and BBC News International media. This study aims to understand how BBC News and Suara.com media construct news on the reality that occurs and see how the event is highlighted or omitted. The research method uses a descriptive qualitative method with a constructivism paradigm approach as a basis for knowing the views of each individual in constructing news with different backgrounds. This research uses Robert N. Entman's framing analysis model which sees framing in two dimensions: issue selection and emphasis on certain aspects. The results showed that BBC News and Suara.com online media in packaging information into news, have news similarities but package them with different styles and perspectives regarding the ZARA Atelier "The Jacket" campaign case. BBC News in framing or packaging news is in accordance with what happened, however, it tends to focus a little on ZARA's perspective, as evidenced by the emphasis on the news content. Meanwhile, Suara.com in framing focuses on public opinion, as evidenced by the emphasis on the aspects of writing facts, and other emphases, which show support for the boycott.
Abstrak
Fokus penelitian ini merujuk pada bagaimana media online mempresentasikan pemberitaan kasus kontroversial campaign ZARA Atelier “The Jacket” yang dianggap menyinggung korban Gaza pada dua media online nasional Suara.com dan media Internasional BBC News. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana media BBC News dan Suara.com dalam mengkonstruksi berita atas realitas yang terjadi dan melihat bagaimana peristiwa tersebut ditonjolkan atau dihilangkan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan paradigma konstruktivisme sebagai landasan untuk mengetahui pandangan setiap individu dalam mengkonstruksi berita dengan latar belakang yang berbeda. Penelitian ini menerapkan pendekatan analisis framing model Robert N. Entman yang mengkaji framing dalam dua dimensi, yaitu pemilihan atau seleksi isu dan penonjolan pada aspek-aspek tertentu. Hasil penelitian memperlihatkan media online BBC News dan Suara.com dalam mengemas suatu informasi ke dalam berita, memiliki persamaan berita namun mengemasnya dengan gaya dan perspektif yang berbeda mengenai kasus campaign ZARA Atelier "The Jacket". BBC News dalam membingkai atau mengemas suatu berita yaitu sesuai dengan apa yang terjadi, Namun, sedikit cenderung berfokus pada perspektif ZARA, dibuktikan dengan penekanan-penekanan dalam isi berita. Sedangkan Suara.com dalam membingkai terlihat gamblang berfokus pada opini publik, dibuktikan dari penonjolan aspek pada penulisan fakta, dan penekanan-penekanan lainnya, yang mana menunjukkan dukungan pada aksi boikot tersebut.
Abstrak
Fokus penelitian ini merujuk pada bagaimana media online mempresentasikan pemberitaan kasus kontroversial campaign ZARA Atelier “The Jacket” yang dianggap menyinggung korban Gaza pada dua media online nasional Suara.com dan media Internasional BBC News. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana media BBC News dan Suara.com dalam mengkonstruksi berita atas realitas yang terjadi dan melihat bagaimana peristiwa tersebut ditonjolkan atau dihilangkan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan paradigma konstruktivisme sebagai landasan untuk mengetahui pandangan setiap individu dalam mengkonstruksi berita dengan latar belakang yang berbeda. Penelitian ini menerapkan pendekatan analisis framing model Robert N. Entman yang mengkaji framing dalam dua dimensi, yaitu pemilihan atau seleksi isu dan penonjolan pada aspek-aspek tertentu. Hasil penelitian memperlihatkan media online BBC News dan Suara.com dalam mengemas suatu informasi ke dalam berita, memiliki persamaan berita namun mengemasnya dengan gaya dan perspektif yang berbeda mengenai kasus campaign ZARA Atelier "The Jacket". BBC News dalam membingkai atau mengemas suatu berita yaitu sesuai dengan apa yang terjadi, Namun, sedikit cenderung berfokus pada perspektif ZARA, dibuktikan dengan penekanan-penekanan dalam isi berita. Sedangkan Suara.com dalam membingkai terlihat gamblang berfokus pada opini publik, dibuktikan dari penonjolan aspek pada penulisan fakta, dan penekanan-penekanan lainnya, yang mana menunjukkan dukungan pada aksi boikot tersebut.
Keywords
Framing; Media Online; Gaza-Palestine; ZARA; Robert N. Entman
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v10i1.1196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright