Pengaruh Pesan Kampanye #PakeGojekPalingHemat Terhadap Keputusan Khalayak Menggunakan Aplikasi Gojek Berdasarkan Model AISAS

Pricillia Karin Audrya, Maria Francisca Lies Ambarwati

Abstract


Persaingan di dalam industri layanan transportasi online menuntut para pelaku usaha untuk melakukan komunikasi pemasaran yang inovatif agar dapat mempertahankan posisinya di pasar industri yang kompetitif. Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuat program kampanye di media sosial dimana hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengguna serta memperkuat citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pesan kampanye terhadap keputusan khalayak pengguna. Teori atau model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model AISAS dan teori keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada seratus orang followers dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling pada akun Instagram @gojekindonesia dan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji t, dan analisis koefisien determinasi yang diolah menggunakan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara pesan kampanye #PakeGojekPalingHemat pada akun Instagram @gojekindonesia terhadap keputusan khalayak dalam menggunakan aplikasi Gojek. Pengaruh pesan kampanye (variabel X) terhadap keputusan khalayak pengguna adalah sebesar 54% dan sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Keywords


Model AISAS, Keputusan Khalayak Pengguna, Pesan Kampanye

References


Aditiya, Iip. M. (2023, Juli). Layanan Ojek Online Pilihan Masyarakat Indonesia. Dikutip dari https://goodstats.id/infographic/layanan-ojek-online-pilihan-masyarakat-indonesia-jbPbU

Amelia, S., Nuraini, Q., & Nugroho, D. R. (2019). Pengaruh Kampanye Komunikasi Pada Gerakan Bogoh Ka Bogor terhadap Perubahan Sikap Masyarakat. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi , 3(No. 2), 124–133.

Ariesandrio, & Aditya, R. (2018). Pengaruh Pesan Dalam Media Sosial terhadap Sikap Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Followers Akun Instagram @Ditjenpajakri). Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162168

Gojek. (2024). Dikutip dari https://www.gojek.com/en-id

Indrawati, N. (2019). Analisis Elaboration Likelihood Model Dalam Kalimat Persuasi Kampanye Presiden 2019 Di Facebook. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 15(2), 175. doi:10.26499/und.v15i2.1741

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang).

Mahendra, I. (2015). Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 70–80.

Mchaney, R. W., & Sachs, D. (2016). Web 2.0 And Social Media Business In A Connected World.

Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi : Ilmiah dan Populer (1st; C ed.). Rajawali Pers.

Poluan, J. G., Lumintang, G. G., & Untu, V. N. (2016). Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca Cola (Studi Kasus Pada PT. Bangun Wenang Beverage Company Manado) The Influence Of Advertising On The Coca Cola Purchasing Decisions (Case Study In PT Bangun Wenang Beverage Company Manado), 4(3), 671–681.

Pratiwi, I. (2022). Pengaruh Pesan Kampanye #Dirumahaja pada Akun Instagram @Gojekindonesia terhadap Keputusan Pengguna. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/

Sandra, L. C., & Ambarwati, M. F. L. (2020). Pengaruh Iklan Youtube Transportasi Online terhadap Keputusan Konsumen Gojek Di Wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jakarta. Retrieved from www.databoks.katadata.co.id,

Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Business, 5.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the Worlds Most Innovative Advertising Agency. McGraw Hill Professional.

Tuten, T. L., & Salomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. Sage.

Zulaicha, S., Prodi, R. I., Bisnis, A., Politeknik, T., & Batam, N. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam, 123–136.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v10i1.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright