Analisis Iklan Instant Messaging Line Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Starbucks Di Jakarta Selatan

Elsie Oktivera

Abstract


This research was conducted to examine the marketing communication strategies carried out by Starbucks promotion through Instant Messaging Line. Starbucks is a coffee shop company that has brand strength. This research has 2 variables, namely variable x (Starbucks advertisement through Instant Messaging Line) and variable y (buying interest of Starbucks consumers in South Jakarta). This study aims to determine the effect of Starbucks advertisements made with the instant messaging line media that influence buying interest, especially Starbucks consumers in South Jakarta. The research method used is quantitative methods with respondents of this study were 221 respondents. Data was collected by questionnaire distribution techniques and processed with SPSS 22. The results showed the influence of Starbucks advertising through the instant messaging line of 52.5% on consumer buying interest, and the remaining 47.5% was influenced by other variables not included in this study

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemasaran Starbucks melalui media Line. Starbucks merupakan salah satu perusahaan kedai kopi yang memiliki kekuatan brand. Penelitian ini memiliki 2 variabel, yaitu variabel x (iklan Starbucks melalui Instant Messaging Line) dan variabel y (minat beli konsumen Starbucks di Jakarta Selatan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Starbucks yg dilakukan dengan media instant messaging Line yang memengaruhi minat beli khususnya konsumen Starbucks di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 221 responden. Data dikumpulkan dengan teknik penyebaran kuesioner dan diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh iklan Starbucks melalui instant messaging Line sebesar 52,5% terhadap minat beli konsumen, dan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini


Keywords


Advertising, Consumer Buying Interest, Laswell Communication Model, ICT, Individual Difference Theory

References


Duncan, Tom. 2002. Using Advertising and Promotion to Build Brands. New York: Mc-Graw Hill.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Malang: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran / Marketing Management. Pearson Education / Erlangga, 2009.

Kurniawati, Dyah. Studi tentang Sikap Terhadap Merek dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang. n.d. 17 October 2017. .

Lelembut. Perilaku Konsumen (Jenis, Faktor, Perilaku, Ciri-ciri dan Contohnya). 2017. 4 2017.

Min, Mas. Pengertian Iklan, Ciri-Ciri , Syarat dan Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Kategori Terlengkap. Dalam .2 Februari 2017. 16 Oktober 2017.

Morissan. 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Prisgunanto, Dr. Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Penerbit Cendekia.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS . Yogyakarta: Media Kom.

Sahabat-Nestle. Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan. n.d. .

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit : Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit : Alfabeta.

Syahrul, Mubarok. Strategi Bisnis Starbucks Coffee. December 2010.

/strategi_bisnis_starbucks_coffee>.

Syarif, Ahmad, S.E.,MBA, Ahmad Mardalis and Handi. Pengaruh Kualitas Pesan, Daya Tarik, Frekuensi Penayangan, Iklan Televisi Indomie. n.d. 18 October 2017. .

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra and Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v4i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright