Kegiatan Komunikasi Memuaskan Pelanggan Studi Kualitatif Pada Cafe Bestfriend Karawang

Heri Kusheri, Siti Nursanti, Flori Mardiani Lubis

Abstract


Seiring dengan maraknya pembukaan caffe di Indonesia, caffe tidak lagi hanya berfungsi sebagai tempat untuk makan dan minum, Caffe berubah fungsi menjadi sebuah gaya hidup yang semakin marak pembukaannya. Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Café Bestfriend Karawang ditengah berkembangnya usaha yang bergerak di bidang kuliner di kota Karawang. Dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai strategi komunikasi yang dilakukan Cafe Bestfriend Karawang dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Café Bestfriend Karawang dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap pengelola dan pembeli sebagai informan, yang dianggap perlu bagi peneliti dan menguasai ketika saat melakukan penelitian.
Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Café Bestfriend Karawang adalah melalui empat kegiatan yaitu penjaminan kualitas rasa dari produknya, penentuan harga yang terjangkau, promosi melalui media sosial dan word of mouth, dan penentuan place yang strategis dan konsep bangunan yang unik. Dimana semua strategi itu berhasil menaikan kepuasan pelanggan Café Bestfriend Karawang. Untuk kekurangan strategi pemasaran bagi Café Bestfriend Karawang yaitu akun Instagram yang tidak mencantumkan menu dan harga, hal ini sedikit membuat konsumen ragu untuk berkunjung ke Café Bestfriend Karawang itu sendiri.

Keywords


Strategi Komunikasi



DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v6i2.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright