Komunikasi Word-of-Mouth dalam Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta
Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana word of mouth terjadi dan membentuk perilaku konsumen pada proses pengambilan keputusan pemilihan studi lanjut perguruan tinggi swasta khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada 10 orang informan yang merupakan mahasiswa tingkat satu Angkatan 2021. Hasil penelitian menemukan bahwa word of mouth jenis experiental yang berasal dari orang tua dan keluarga memberikan stimulus dan membentuk perilaku keputusan pembelian dalam hal ini adalah memilih STIKS Tarakanita sebagai tempat melanjutkan studi perguruan tinggi. Selain itu word of mouth yang ditemukan yang paling memberikan efek tertinggi dalam keputusan pembelian adalah word of mouth intentional yang terbentuk dari alumni dan pengguna lulusan (user).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aco, A., & Endang, H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1), 1-13. doi:10.24252/insypro.v2i1.3246
Brakus, J. J., Schmitt, B. H., & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 73, 51-54. doi:10.1509/jmkg.73.3.52
Bughin, J., Doogan, J., & Vetvik, O. J. (2010). A New Way to Measure Word-Of-Mouth Marketing. McKindsey Quarterky, 2-4.
Dam, T. C. (2020). Influence of Brand Trust, Perceived Value on Brand Preference and Purchase Intention. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 940. doi:10.13106/jafeb
Gildin, S. Z. (2003). Understanding the Power of Word-Of-Mouth. Revista de Administracao Mackenzie, 4(1), 98-99.
Hidayati, H. A., Kumadji, S., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2008). Faktor - Faktor Yang Membentuk Komunikasi Word of Mouth.
Jalilvanda, M. R., Esfahani, S. S., & Samiei, N. (2011). Electronic Word-Of-Mouth: Challenges and Opportunities. Procedia Computer Science, 3, 43. doi:10.1016/j.procs.2010.12.008
Kabadayi, E. T., & Alan, A. K. (2012). Brand Trust and Brand Affect: Their Strategic Importance on Brand Loyalty. Journal of Global Strategic Management, 6(1), 81. doi:10.20460/JGSM.2012615788
Keng, C.-J., Tran, V.-D., & Thi, T. M. (2013). Relationships among Brand Experience, Brand Personality, and Customer Experiental Value. Contemporary Management Research, 9(3), 249-250. doi:10.7903/cmr.11086
Kim, R. B., & Chao, Y. (2019). Effects of Brand Experience, Brand Image and Brand Trust on Brand Building PRocess: The Case of Chinese Millenial Generation Consumers. Journal of International Studies, 12(3), 12. doi:10.14254/2071-8330.2019/12-3/1
Martensen, A., & Grondholt, L. (2016). The Effect of Word-Of-Mouth on Consumer Emotions and Choice: Findings From a Service Industy. International Journal of Quality and Service Sciences, 8(3), 300-301.
Nyilasy, G. (2014). The Viral , Buzz and Word. January.
Oktivera, E., & Melisatinny, G. V. (2021). Stimulus Promosi Penjualan Produk Bubble Tea pada Aplikasi Digital Payment Membentuk Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 7, 99–113.
Prastiwi, M. (2021). kompas.com. Retrieved from edukasi.kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/08/082648271/7-alasan-mengapa-kuliah-itu-penting-mahasiswa-perlu-tahu?page=all
Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Austin, TX: Greenleaf Book Group Press.
Statistik, B. P. (2021). Jumlah Perguruan Tinggi, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa(Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Provinsi, 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Suarez, M. G., & Veloso, M. (2020). Brand Experience and Brand Attachment as Drivers of WOM in Hospitality. Spanish Journal of Marketing-ESIC, 24(2), 232-234. doi:10.1108/SJME-12-2019-0106
West, R., & Turner, L. H. (2019). Introducing Communication Theory. In Making Sense of Messages.
Wu, M. S.-F. (2017). A Study on the Effects of Word-of-Mouth on Brand Trust in Tourism Industry. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 7996-7997. doi:10.12973/ejmste/77904
Wulandini S, P. (2017). Pengambilan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Pekanbaru. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), I(2), 94-96. doi:10.30595/jssh.v1i2.1788
Zhang, K. (2018, May). Theory of Planned Behavior: Origins, Development and Future Direction. International Journal of Humanities and Social Science Invention (IJHSSI), 7(05), 76-77.
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright