Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Brand AUM Apparel pada Media Sosial Instagram
Abstract
Abstrak
Instagram menjadi salah satu opsi oleh UMKM serta brand guna memasarkan produk. Dengan terdapatnya pertumbuhan media sosial Instagram, banyak industri fashion bisnis yang memakainya guna melaksanakan aktivitas pemasaran. Salah satu brand lokal dalam bidang fashion bisnis activewear yang mengaplikasikan strategi komunikasi pemasaran efektif dalam memasarkan produknya yaitu AUM Apparel. Penelitian ini berfokus dalam mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran efektif brand AUM Apparel pada media sosial instagram. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Pada tahap perencanan strategi, AUM Apparel menerapkan penentuan terhadap segmentasi, target pasar serta positioning yang terperinci sehingga menunjang kesuksesan dalam mengeksekusi strategi yang mereka miliki. Pada tahap pelaksanaan strategi, teori strategi komunikasi pemasaran efektif diterapkan AUM Apparel dalam mengomunikasikan main idea di dalam media sosial Instagram dengan wujud konten berbentuk audio visual dan copywriting yang bertujuan untuk mengajak audiens mereka untuk lebih percaya diri dengan produk AUM Apparel. Dalam tahap evaluasi, AUM Apparel menggunakan report serta respon dari audiens guna menyusun strategi baru dan mengambil tindakan berikutnya disaat terjadinya tidak kesesuaian pada strategi yang telah dilakukan. Peneliti merumuskan bahwa AUM Apparel sudah sukses dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran efektif di media sosial instagram.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Pustaka Setia.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
Bungin, B. (2015). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media.
Handoko, T. (2020). Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi dengan Inovasi dan Teknologi. http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Soemanagara, R. D. (2008). Strategic Marketing Communication. Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.
Widjajanto, K. (2013). Perencanaan Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Ultimus.
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright