Analisis Semiotika Representasi Budaya Tionghoa dalam Film Crazy Rich Asians
Abstract
Abstrak
Film merupakan media komunikasi massa yang tidak lepas dari hubungan antara film dan masyarakat. Film Crazy Rich Asians yang disutradarai oleh Jon M.Chu dan penulis naskah Kevin Kwan tidak hanya untuk media hiburan penonton namun sarana pendidikan yang memberikan wawasan dan pengalaman mengenai sentuhan sejarah, kebudayaan, bahasa, kehidupan orang-orang keturunan Tionghoa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tanda atau simbol yang digunakan sebagai representasi budaya dalam Film Crazy Rich Asians. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis semiotika Christian Metz dengan menggunakan mise-en-scene. Pada penelitian, peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu : Komunikasi Antarbudaya, Teori Negosiasi Wajah, Semiotika, dan Representasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Representasi budaya dalam Film Crazy Rich Asians ditampilkan melalui adegan-adegan oleh Rachel Chu dan Nick Young di Singapura dan penggunaan bahasa serta macam adat dan budaya keluarga yang turun menurun seperti makna pemilihan warna merah, pesta mekar bunga wijayakusuma, pembuatan pangsit, dan arti sebuah keluarga serta permainan mahjong.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Deddy, M. (2002). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Dewi, A. L. K., Zamroni, M., & Astuti, S. Y. (2017). Analisis Semiotika Film Christian Metz: Studi Kasus Visualisasi Pesan Religi dalam Film Hijrah Cinta. Publika Budaya, 5(1), 21–27.
Hall, S. (1997). The Work of Representation. Theories of Representation: Ed. Stuart Hall. London. Sage publication.
Metz, C. (1991). Film language: A semiotics of the cinema. University of Chicago Press.
Moedjiono, M. (2011). Ragam hias dan warna sebagai simbol dalam arsitektur Cina. Jurnal Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip, 11(1).
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset Nawawi, Ismail, 2009. Public Policy: Surabaya: PNM.
Pratista, H. (2008). Memahami film. Homerian Pustaka.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya; Communication Between Cultures . Salemba Humanika. Jakarta.
Samovar, L. A., Porter, R. E., Stefani, L. A., & Sidabalok, I. M. (2010). Komunikasi lintas budaya. Salemba Humanika.
Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wacana Media.
Susanto, I. (2017). Penggamba
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright