Pengembangan Konten Media Sosial Sekolah pada SDN Kedung Pengawas 01 di Kabupaten Bekasi

Aifa Najla Azzahra, Jelita Arvianti, Wa Ode Sitti Nurhaliza, Nur Rahmaini Lubis, Vicky Aprilian

Abstract


Beberapa permasalahan yang muncul pada mitra diantaranya belum memanfaatkan media sosial sebagai media informasi sekolah, kurangnya literasi guru dan staf dalam pengembangan konten media sosial. Kegiatan Pengembangan Konten Media Sosial Sekolah pada SDN Kedung Pengawas 01 di kabupaten Bekasi diharapkan dapat membantu pengembangan mitra. Kegiatan PKM diselenggarakan pertama, pendampingan untuk produksi konten media sosial sekolah yang dimulai dari tahap pembuatan akun, penyusunan konten, produksi konten hingga publikasi konten media sosial sekolah. Kedua, melaksanakan beberapa kegiatan yang melibatkan siswa SDN Kedung Pengawas 01 yang bertujuan untuk meingkatkan skill dan kreatifitas siswa, diantaranya nobar film bertema pendidikan, kegiatan Clean-up Day, dan Kegiatan Art as a Lifestyle (ASA). Dengan demikian, kegiatan PKM pada SDN Kedung Pengawas 01 dilakukan untuk membantu dalam mengembangkan media sosial sebagai media komunikasi, informasi, dan promosi sekolah.



ABSTRACT

Several problems that arise among partners include not utilizing social media as a school information medium, lack of teacher and staff literacy in developing social media content. School Social Media Content Development Activities at SDN Kedung Supervisor 01 in Bekasi district are expected to help partner development. PKM activities are held first, providing assistance for the production of school social media content starting from the account creation stage, content preparation, content production to publication of school social media content. Second, carrying out several activities involving students at SDN Kedung Supervisory 01 which aims to improve students' skills and creativity, including showing educational films, Clean-up Day activities, and Art as a Lifestyle (ASA) activities. Thus, PKM activities at SDN Kedung Supervisor 01 were carried out to assist in developing social media as a medium for communication, information and school promotion.

Keywords


Media; Sosial; Sekolah; Literasi

References


Bappenas. (2015). Sustainable Development Goals. Retrieved from Tentang Sustainable

Development Goals: https://sdgs.bappenas.go.id/tentang/

Bappenas. (2015). Sustainable Development Goals. Retrieved from Beranda Sustainable

Development Goals: https://sdgs.bappenas.go.id/

Bappenas. (2015). Sustainable Development Goals. Retrieved from Pendidikan

Berkualitas: https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-4/

Fathia Firlyana. (2023, Maret 6). Media Sosial: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya.

Retrieved fromdailysocial.id:https://dailysocial.id/post/media-sosial- adalah

Rachmatullah, N., & Purwani, F. (2022). Analisis Pentingnya Digitalisasi &

Infrastruktur Teknologi Informasi dalam Institusi Pemerintahan: E-Government. JJurnal Fasilkom , XII (1), 16-18.

Salim, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Bandung: Unpad

Press.

Syardiansah. (2017). Peran KKN Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi

Mahasiswa. JIM UPB , VII (1), 57-67.

Taryatman. (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat Di Sekolah Dasar untuk

Membangun Generasi Muda yang Berkarakter. Jurnal Kesehatan di Sekolah , III (1), 8-10.

WO Nurhaliza, Nurul Fauziah. (2020). Komunikasi Kelompok dalam

VirtualCommunity. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 18-38




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v5i1.1015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter