Penguatan Inovasi dan Kreativitas Pengelola Lembaga Penyiaran di OKU Raya dalam Mempertahankan Eksistensi Radio Lokal di Era Digital

Hendra Alfani

Abstract


Pengelola radio siaran lokal dituntut mampu menyusun langkah inovasi dan membangun kreativitas secara berkelanjutan untuk mempertahankan esksitensinya di era teknologi digital berbasis jaringan internet. Kehadiran jaringan internet yang melahirkan media baru, tidak hanya mendominasi ruang informasi publik, tetapi juga merubah pola serta kebiasaan masyarakat dalam mengakses informasi, hiburan dan konten lainnya. Radio siaran yang pernah menjadi idola bahkan sebagai rujukan utama khalayak untuk mengakses berita dan tayangan lainnya di era konvensional, harus segera melakukan adaptasi dengan situasi itu. Konvergensi dengan segala variabel ikutanya, langkah inovasi dan kreativitas adalah peta jalan yang harus dipilih untuk mempertahankan eksistensinya di era digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah knowledge sharing, kelompok diskusi terfokus dan praktik penyusunan kertas kerja. Hasil kegiatan pengabdian ini sangat signifikan, peserta sangat antusias mengikuti tahapan kegiatan dan berhasil menyusun tiga dokumen kertas kerja yaitu pemetaan masalah dan tantangan, pemetaan analisis kebutuhan dan penyusunan rencana tindak lanjut inovasi dan kreativitas program siaran. Kegiatan ini berhasil mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

ABSTRACT

Local broadcast radio managers are required to be able to develop innovation steps and develop creativity in a sustainable manner to maintain their existence in the era of digital technology based on internet networks. The presence of the internet network has given birth to new media, not only dominating the public information space, but also changing people's patterns and habits in accessing information, entertainment and other content. Broadcast radio, which was once an idol and even the main reference point for audiences to access news and other broadcasts in the conventional era, must immediately adapt to this situation. Convergence with all the accompanying variables, innovation and creativity is the roadmap that must be chosen to maintain its existence in the digital era. The methods used in this service activity are knowledge sharing, focused discussion groups and practice in preparing working papers. The results of this service activity were very significant, participants were very enthusiastic about participating in the activity stages and succeeded in compiling three working paper documents, namely mapping problems and challenges, mapping needs analysis and preparing follow-up plans for broadcast program innovation and creativity. This activity succeeded in achieving the planned goals.

Keywords


radio, internet, digital era, information, exsistence

References


Adnan S, M., & Giswandhani, M. (2022). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Smart Fm Makassar Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Komunikasi, 15(2), 1–9. https://doi.org/10.47354/jku.v15i2.446

Birowo, M. A., Nuswantoro, R., Saraswati, I., & Putra, F. F. (2016). Pergulatan Media Komunitas di Tengah Arus Media Baru: Studi Kasus Lima Media Komunitas di Indonesia. https://www.combine.or.id/wp-content/uploads/2021/03/Pergulatan-Media-Komunitas-di-Tengah-Arus-Media-Baru-Ferdhi-Idha-Anton-Ranggabumi.pdf

Dhamayanti, M. (2020). PEMANFAATAN MEDIA RADIO DI ERA DIGITAL. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2), 82. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.82-89.2019

Fachreza, F., & Dewi, L. D. R. (2022). Strategi Manajemen Public Relations Radio Prambors 102,2 Fm Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar. PANTAREI, 6(1), 2013–2015. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/810

Faridl, M., Rachmiatie, A., Muhtadi, A. S., Suryadi, K., & Sinaga, O. (2018). Penyiaran yang Sehat dan Mendidik. In M. M. Hikmat & A. Wahyudin (Eds.), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (September).

Gogali, V. A., & Tsabit, M. (2020). Eksistensi Radio Dalam Program Podcast di Era Digital Konten. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 64–73. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1713

Hadi, S. P. (2023). Pemahaman Literasi Digital Penyebab Munculnya Hoaks. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 4(2), 150–160. https://doi.org/10.36914/jkum.v4i2.962

Ismed, M. (2020). Perubahan Dan Inovasi Media Radio Di Era Digital. Mediasi, 1(2), 92–102. https://doi.org/10.46961/mediasi.v1i2.37

Khasna, Lathifah, & Ismandianto. (2021). Konvergensi Radio dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital dan Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi, 4(1), 130–142. https://doi.org/10.38194/jurkom.v4i1.215

Kustiawan, W., Hasibuan, Y. W., & Hardini, M. (2022). Strategi Most FM dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital Most FM Strategy in Maintaining Existence in the Digital Age. 2(3), 814–818. https://doi.org/https://doi.org/10.56832/edu.v2i3.280

Maharani, D. (2021). Strategi Rri (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.334

Maharani, P., Lestaluhu, S., & Alfredo, R. (2022). Transformasi Radio Konvensional di Era Digital (Studi Kasus Pada Radio Duta 90.9 FM Ambon). Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 1(2), 214–231. https://doi.org/10.30598/jikpvol1iss2pp214-231

Mawarti, S., Febri Yuliani, & Adianto. (2023). Inovasi Penyiaran Melalui Rri Playgo Di Kabupaten Bengkalis. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(2), 289–300. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i2.2888

Nugroho, Y., Putri, D. A., & Laksmi, S. (2012). Memetakan Lanskap Industri Media Kontemporer di Indonesia (Edisi Bahasa Indonesia). In CIPG dan HIVOS.

Pratama, H. R. (2022). MELIRIK KEMBALI INDUSTRI RADIO : TANTANGAN & PELUANG DI ERA DIGITAL DAN POST PANDEMIC (Brief Article Series 01-03/November/2022 MEGA SHIFT FISIPOL UGM). https://megashift.fisipol.ugm.ac.id/2022/11/21/melirik-kembali-industri-radio-tantangan-dan-peluang-di-era-digital-dan-post-pandemic/

Rihartono, S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet. Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2), 51–64. https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1093

Selvia, A., & Fadhlain, S. (2022). INOVASI RRI MEULABOH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. JIMSI : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 49–57. http://jurnal.utu.ac.id/JIMSI/article/view/4185

Setiawan, H., Handayani, B., & Sherlya, A. F. (2023). Ekosistem Radio Siaran Swasta di Pekanbaru pada Era Penyiaran Digital. Jurnal Riset Komunikasi, 6(1), 123–137. https://doi.org/10.38194/jurkom.v6i1.730

Setiawan, Y. L., Nasir, J., Ariyati, Y., & Wahyudi, T. D. (2023). Strategi Komunikasi Inews Tv Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Diera Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 49–65. https://doi.org/https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.1

Setyawiaji, R. H., Palupi, M. F. T., & Romadhan, M. I. . . (2023). Strategi Siaran Jeje Radio Surabaya Di Era 4.0 Untuk Menarik Minat Pendengar. Semakom …. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/download/1766/838

Surokim. (2012). Ekonomi Politik Media Penyiaran Lokal (M. N. Zaki, Lazua, Budiarto, A. R. Khamid, & Paryadi (eds.); November 2). INTERPENA Yogyakarta. https://www.academia.edu/31797566/Ekonomi_Politik_Media_Penyiaran_Lokal

Suryandari, M., Hakiki, R. D., Al-Fauzi, T., & Tsalis, N. I. (2023). Interpretasi Masyarakat Terhadap Media Penyiaran Radio Di Desa Mekarjaya. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 318–331. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/1130%0Ahttps://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/download/1130/923

Suryawati, I., & Alam, S. (2022). TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE PLATFORM DIGITAL (Analisis Mediamorfosis Harian SOLOPOS). Jurnal Signal, 10(2), 190. https://doi.org/10.33603/signal.v10i2.7240

Suskarwati, S. U. (2019). Koevolusi Radio Berita Rri Pro3 Pada Program Indonesia Menyapa. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 131–141. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.922

Ulfa, E. M. (2016). Strategi Radio untuk Membangun Masyarakat Berjaringan,Studi Kasus Penggunaan Sosial Media di Suara Surabaya Media. Journal Pekommas, 1(2), 207–220. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010210

Yaqin M.S, A. A. (2022). Mediamorfosis K-Radio Jember di Era New Media. Jurnal Paradigma Madani, 9(2), 101–110. https://doi.org/10.56013/jpm.v9i2.1766

Zaenudin, Z., Samsumar, L. D., Kalbuadi, A., & Imran, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Bagi Staf Desa di Desa Teratak Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 3(2), 168–176. https://doi.org/10.36914/jkum.v3i2.797




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v5i1.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter