Literasi Teknologi bagi Pegiat Anak Indonesia di Era Digital

Ester Lumba

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan sosial manusia dan organisasi dalam berbagai lini organisasi. Tidak terkecuali dunia pendidikan, untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi seperti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu tugas dosen dalam menerapkan keilmuan bagi masyarakat. Berbagai daya dan upaya dilakukan di masa-masa awal pandemi Covid-19 agar kegiatan tetap berlangsung. Sebagai dosen informatika tentu pandemi ini menjadi sarana akselerasi pemanfaatan berbagai teknologi menjadi lebih optimal. Oleh sebab itu selaku dosen Informatika terpanggil untuk membantu organisasi-organisai nirlaba agar tetap bisa melakukan kegiatan di tengah pandemi ini. Jaringan Pelayanan Anak Jakarta yang menjadi mitra dalam kegiatan PKM mengadakan seminar online bagi para pegiat anak untuk meningkatkan literasi teknologi. Seminar online di selenggarakan menggunakan aplikasi Zoom Meetings. Penyebaran informasi seminar online dilakukan melalui grup-grup WhatsApp, Facebook, Instagram dan email. Pendaftaran dilakukan menggunakan Google Form. Berdasarkan data pendaftaran yang di olah menggunakan Pivot Table Microsoft Excel di dapatkan sebanyak 100 peserta yang berasal dari berbagai kota dan provinsi di seluruh Indonesia dan sebanyak 51 lembaga pelayanan atau institusi yang mengikuti seminar online ini.

Keywords


covid-19; online; pandemi; seminar; zoom

References


Forbes. (2021, 6 15). 133 Eric Yuan & family. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/profile/eric-yuan/?sh=7c30afdf61bf

Katalin Dobrai, Ferenc Farkas . (2016). Nonprofit Organizations from the Perspective of Organizational Development and Their Influence on Professionalization. NAĆ E GOSPODARSTVO, 25-32.

Mahdy, M. A. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on the Academic Performance of Veterinary Medical Students. Front. Vet. Sci, 1-7.

Zoom. (2021, 6 21). Zoom Homepage. Retrieved from Zoom: https://zoom.us/




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i2.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter