Pelatihan Learning Managemen System (LMS) Berbasis SPADA di SMA Negeri 1 Masbagik

Muhammad Masjun Efendi, Zaenudin Zaenudin, Zaeniah Zaeniah

Abstract


E-learning merupakan salah satu solusi agar proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 tetap berjalan. Proses belajar mengajar dengan jarak jauh bisa berjalan dengan baik dengan adanya elearning. Permasalahannya adalah tidak semua aplikasi yang digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memiliki standarisasi yang sama baik darisegi pengisian materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa. Agar proses belajar mengajar bisa tercapai dengan baik dibutuhaknya atau diperlukannya standar dalam pembuatan Learning Managemen System (LMS). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Teknologi Mataram berkerja sama dengan pihak Manajemen SMA Negeri 1 Masbagik menerapkan Leanring Mangemen Systerm (LMS) pada proses pembelajaran selama pandemi. Pelatihan di SMA Negeri 1 Masbagik dilakukan dengan tujuan untuk mengimplementasikan penggunaan dari Leanring Mangemen Systerm (LMS) yang diikuti oleg kepala sekolah dan para guru. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memudahkan kepala sekolah dalam memmonitorong proses belajar jarah jauh ini dan dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini di ikuti oleh 26 guru SMA Negeri 1 Masbagik. Hasil dalam kegiatan ini yaitu 90% guru SMA Negeri 1 Masbagik dalam menggunakan Leanring Mangemen Systerm (LMS) dengan menggunakan aplikasi SPADA ini dapat di lihat dari hasil angket yang dilakukan oleh fasilitator pada saat pelatihan. Manfaat daripelatihan Leanring Mangemen Systerm (LMS) dengan menggunakan aplikasi SPADA ini dapat memudahkan kepala sekolah untuk memonitoring proses pembelajaran selain itu guru juga sangat tebantu dengan adanya pelatihan ini dan tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan baik, terlenih dalam kondisi pandemi ini.

Keywords


LMS, PJJ, SPADA

References


Darwis, D., Saputra, V. H., & Ahdan, S. (2020). Peran Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan ( SPADA ) Sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid-19 di SMK YPI Tanjung Bintang. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian 2020 IBI DARMAJAYA, 36–45.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1.

Harahap, S. H., & Alpi, M. F. (2017). E-Elearning Dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Dosen Di Perguruan Tinggi Di Kota Medan. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 4(1), 42-49.

Rabiman, R., Nurtanto, M., & Kholifah, N. (2020). Design and Development E-learning System by Learning Management System (LMS) in Vocational Education. Online Submission, 9(1), 1059-1063.

Reffiane, F., & Saptono, S. (2020, June). Students’ behaviour towards etno-STEM: instruments for students of etno-STEM based science education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 4, p. 042021). IOP Publishing.

Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Comics as Learning Medium During the Covid-19 Pandemic. 4(February), 330–334.

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116.

Saputra, V. H., Pasha, D., & Afriska, Y. (2020). Design of English Learning Application for Children Early Childhood. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 661–665.

Saputro, B., & Susilowati, A. T. (2019). Effectiveness of learning management system (LMS) on in-network learning system (Spada) based on scientific. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 481-498.

Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89–95.

Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M., & Marlyna, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: Sma Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu). Jurnal Komputer dan Informatika, 15(1), 127-136.

Very, V. H. S., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).

Wicaksana, M. F., Kurniasari, N., & Sudiatmi, T. (2021). Learning Machine System (LMS) SPADA Untuk Adaptasi Pengajaran Online. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 57-67.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter