Kenali dan Temukan Potensi dalam Diri: Penerapan Proses Pengenalan Potensi Diri pada Mahasiswa

Moh. Zaki Kurniawan

Abstract


Mengenali potensi diri merupakan salah satu syarat untuk dapat meraih keberhasilan dalam karir yang akan dijalani oleh mahasiswa dalam upaya untuk merencanakan karirnya ke depan sehingga akan dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan karir yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya yang diharapkan akan membantu dalam pengambilan keputusan terutama dalam pemilihan karir atau studi lanjut pasca lulus. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan experience learning, dimana proses penyampaian materi dilakukan dengan cara melibatkan peserta secara langsung baik dari sisi kognisi, afeksi maupun psikomotorik yang sangat interaktif dengan menempatkan peserta sebagai subjek sehingga secara langsung akan mengoptimalkan potensi peserta. Berdasarkan hasil pelaksanaan, diketahui bahwa sebelum pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa belum dapat mengenali dan menemukan potensi pada dirinya, namun setelah menerima materi pelatihan ini, mahasiswa menjadi paham bagaimana konsep diri, serta potensi yang ada pada dirinya, hal ini terbukti dari bagaimana mahasiswa mampu menjelaskan dan memaparkan disertai dengan contoh mengenai konsep diri, dan potensi yang ada pada dirinya.


Recognizing self-potential is one of the requirements to be able to achieve success in the careers that will be undertaken by students in an effort to plan their future careers so that they can be used as a reference in determining a career that is in accordance with their potential which is expected to assist in decision making, especially in choosing career or further study after graduation. This community service activity uses an experience learning approach, where the process of delivering material is carried out by involving participants directly in terms of cognition, affection and psychomotor which is very interactive by placing participants as subjects so that it will directly optimize the potential of participants. Based on the results of the implementation, it is known that before the implementation of this activity students have not been able to recognize and find potential in themselves, but after receiving this training material, students understand how self-concept, as well as the potential that exists in themselves, this is evident from how students are able to explain and explain accompanied by examples of self-concept, and the potential that exists in him.

Keywords


konsep diri; potensi diri; mahasiswa

References


Fajrin, M. N., Hendriana, H., & Ningrum, D. S. A. (2020). Gambaran Self Concept Siswa Yang Mengalami Kecanduan Merokok. Fokus, 3(4), 123–128.

Kartianti, S., & Asgar, S. (2021). Pelatihan Mengenal Potensi Diri Dan Kualitas Pribadi Bagi Siswa Smk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 33–38.

Nashori, F. (2003). Potensi-Potensi Manusia. Pustaka Pelajar.

Rahmi, A., & Fadhila, Y. (1998). Konsep Diri Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling IAIN Bukittinggi. 43(March), 1–9.

Rakhmat, J. (1998). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosda Karya.

Sari, W. F. (2015). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkuungan Sosial, Potensi Diri dan Informasi Perguruan Tinggi terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi, 1–184.

Sholikhah, S., & Sadat, A. M. (2019). Menggali Potensi Diri Pemuda, Meraih Prestasi Tertinggi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 277–291. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/index

Yumnah, S. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam, 2016, 4.

http://ejournal.kopertasi4/or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/2701/1982




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i2.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter