Pelatihan Konten Kreator Kepada Petani Milenial di Desa Margasari Kota Banjar

Suryo Dwi Putranto

Abstract


Kegiatan Karya untuk Masyarakat ini difokuskan untuk peningkatan kemampuan digital skill atau ketrampilan digital para petani khususnya petani milenial yang menjadi kreator video di aplikasi SnackVideo, yang berdampak pada peningkatan pendapatan bagi mereka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi dalam bentuk pelatihan digital skill kepada petani yang juga berprofesi sebagai konten kreator kategori pertanian di Desa Margasari, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat. Pengabdian ini menyasar kelompok petani milenial yang terjun ke dunia konten kreator. Dalam kesehariannya para petani ini tetap melakukan bercocok tanam namun mereka menambah value diri dengan menjadi konten kreator di platform SnackVideo kategori pertanian dengan konsep pembayaran konten video berbasis hitungan jumlah viewers. Namun, belum semua petani mampu membuat konten video yang berkualitas tinggi yang diminati penonton khususnya di platform SnackVideo. Sehingga diketahui, kompetensi memproduksi konten video, skill editing, penggalian ide konten dan penggunaan hashtag atau tagar yang tepat, serta cara meningkatkan algoritma belum dimiliki secara komprehensif. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukan bahwa semua peserta yang mengikuti kegiatan ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara memproduksi konten video yang edukatif dan bagaimana memviralkan konten video tersebut


ABSTRACT

This community service activity is focused on improving digital skills of millennial farmers who become video creators on the SnackVideo platform so that it has an impact on increasing income for them. The community service activities aimed at educating in the form of digital skill training for farmers who also work as content creators for the agricultural category in Margasari Village, Bojongkantong Village, Langensari District, Banjar City. This service targets a group of millennial farmers who are involved into the world of creative content. In their daily lives, these farmers continue to grow crops, but they add value to themselves by becoming content creators on the SnackVideo platform in the agriculture category with the concept of video payment based on the number of viewers. However, not all farmers are able to create high-quality videos so that interest many viewers, especially on SnackVideo. As far as it is known, the competence of producing videos, editing skill, extracting content ideas and using appropriate and trending hashtags, also how to increase the account algorithm are not owned comprehensively. The results of these training activities show that all participants who took part in this activity have successfully improved their knowledge and understanding of how to produce educational video content and how to make the video go viral.

Keywords


digital skill; konten kreator; pertanian; petani milenial; SnackVideo

References


Ayu, S. (2019). "Pendekatan Komunikasi Dalam Perubahan Sosial". Pakar Komunikasi.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). "Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana

Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi TikTok". JISIP, 7(2). Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malan.

Ferdiansyah, M. (2020). "Jumlah Unduhan TikTok Kalahkan Facebook dan Instagram".Okezone.com website.

Harnina Ridawan, Masrul., & Juhaepa. (2018). "Komunikasi Digital Pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce Dalam Pendekatan Jean Baudrillard". Jurnal Riset Komunikasi. Dosen Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Halu Oleo. Kendari.

Pratama, S. M & Muchlis. (2020). "Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Ekspresi Komunikasi Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya".

S. Kavisekera and N. Abeysekera, "Effect of Social Media Marketing on Brand Equity of Online Companies," Management and Marketing Journal, XIV, no. 2 (2016):201-216.

Jefry Romdonny*, Soesanty Maulany, “Contribution of Social Media in Increasing Marketing of Creative Economy Product” Advances in Economics, Business and Management Research, 123 (2019): 87-89.

MLDSPOT, Profesi Content Creator Terpopuler, https://www.mldspot.com/hobby/2017/03/23/5- profesi-content-creator-terpopuler. [11 November 2022].

Katadata, Usia Produktif Mendominasi Pengguna Internet, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-penggunainternet. [ 23 February 2018].

A. Adam, Selamat Tinggal Generasi Milenial, Selamat Datang Generasi Z: https://tirto.id/selamat-tinggalgenerasi-milenial-selamat-datang-generasi-z-cnzX. [28 April 2017].

T.D. Baruah, "Effectiveness of Social Media as a tool of communication and its potential for technology enabled connections: A micro-level study," International Journal of Scientific and Research Publications, vol. 2, no. 5, (2012): 1-10.

F. Awolusi, "The impacts of social networking sites on workplace productivity," Journal of Industrial Technology, 28, no. 1 (2012): 1-7.

https://www.kompasiana.com/iqlima40751/6070250f8ede4867946936e7/fenomena-tiktok-m enjadi-sarana-informasi-dan-perubahan-sosial-bagi-masyarkat-di-era-digital?page=2&page_i mages=1 https://id.wikipedia.org/wiki/Snack_Video




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v4i2.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter