ANALISIS KOMUNIKASI BERMEDIA INTERNET DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG (Studi terhadap Pemanfaatan Layanan Sidaring pada Perpustakaan UNP)
Abstract
Abstrak
Prakteknya layanan perpustakaan dengan komunikasi bermedia yang telah diluncurkan semenjak duatahun belakangan ini masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemustaka atau civitas akademika UNP, tujuan penelitian Menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi bermedia internet dalam penggunaan layanan Sidaring di Perpustakaan UNP, Memahami dan mendeskripsikan kendala komunikasi bermedia internet yang ditemui pengguna layanan Sidaring di Perpustakaan UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan Data Wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian mengambarkan bahwa Layanan Sidaring Perpustakaan UNP adalah inovasi kepustakaan yang menjawab tantangan pandemi Covid-19. Layanan Sidaring ini adalah saluran komunikasi yang memudahkan interaksi antara pemustaka dan pustakawan untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan konsultasi kepustakaan. Hambatan penggunaan layanan Sidaring terjadi karena adanya kendala semantik yang disebabkan oleh adanya perbedaan dalam memahami istilah antara pemustaka dan pustakawan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, R. (2019). Penerapan Sistem Publikasi Informasi Humas dalam Meningkatkan Validitas Informasi di Website Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2906
Cangara, H. (2023). Etika Komunikasi. Prenda.
Fauziah, S., Tarissa, S., Harahap, A., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting Analisis Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Digital pada Perpustakaan UINSU Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 3(20), 252–259. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i2.2428
Hardjana, A. A. (2018). Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. In 2018. Admajaya.
Hasan, S., Yusnanto, T., & Satisfaction, S. B. (2022). Digital Marketing (Issue June).
Hasanah, W. (2022). Dampak Komunikasi Internal Organisasi Terhadap Pelayanan Perpustakaan di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26109/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26109/1/Wisma Hasanah%2C 150503052%2C FAH%2C IP%2C 081350061675.pdf
Irawan, T., Fauzi, M., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Layanan Madrasah Aliyah Nurussalam Sidogede Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Jurnal Mubtadiin, 8(2), 46–74. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Listiyono, H., Sani, D. L., Khristianto, T., & Soelistijadi, R. (2022). Desain Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Stikubank Semarang Berbasis Web. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(1), 121–131. https://doi.org/10.51903/pixel.v15i1.742
Margareta, I. E. (2022). Revitalasi Layanan Sirkulasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.20414/light.v2i1.5116
Musfialdy, M. (2020). Organisasi dan Komunikasi Organisasi. Kutubkhanah, 15(1), 83–93. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/255
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf
Santosa, A. B., Sukirman, S., & Subaidi, S. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 136–147. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p136-147
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://www.researchgate.net/profile/Astari-Clara-Sari/publication/329998890_komunikasi_dan_media_sosial/links/5c2f3d83299bf12be3ab90d2/Komunikasi-Dan-Media-Sosial.pdf
Sazaki, Y., Firdaus, M. A., Yusliani, N., Dhita, K., Rosa, D., Rodiah, D., & Zarkasih, A. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Sekolah untuk Peningkatan Efisiensi dan Aksesibilitas di SMK Negeri 1 Muara Enim , Sumatera Selatan. 70–78.
Sheila Maria Belgis Putri Affiza. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana Meningkatkan Kualitas Layanan Penunjung di Perpustakaan Darul Fikri MAN 1 Lamongan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 8.5.2017, 2003–2005.
Sikumbang, A. T. (2019). Komunikasi Bermedia. Jurnal Iqra, 8(1), 63–67. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/64
Suryani, W. (2019). Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 91–100.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Implementasi Manajemen Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v8i2.1029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher STARKI @copyright