ANALISIS KOMUNIKASI BERMEDIA INTERNET DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN PRIMA PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG (Studi terhadap Pemanfaatan Layanan Sidaring pada Perpustakaan UNP)

Ridha Prima Adri, Nursyirwan Nursyirwan, Ernita Arif

Abstract


In practice library services with media communication which have been launched in the last two years are still not utilized optimally by UNP library users or academics, research objectives: Explain and analyze the concept of internet media communication in the use of Sidaring services in the UNP Library, Understand and describe the obstacles to media communication internet that Sidaring service users encounter at the UNP Library. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques: Interviews, observations and documentation of research results show that the UNP Library Screening Service is a library innovation that answers the challenges of the Covid-19 pandemic. This Sidaring service is a communication channel that facilitates interaction between users and librarians to borrow, return and consult libraries. Barriers to using Sidaring services occur due to semantic constraints caused by differences in understanding terms between users and librarians.

Abstrak

Prakteknya layanan perpustakaan dengan komunikasi bermedia yang telah diluncurkan semenjak duatahun belakangan ini masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemustaka atau civitas akademika UNP, tujuan penelitian Menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi bermedia internet dalam penggunaan layanan Sidaring di Perpustakaan UNP, Memahami dan mendeskripsikan kendala komunikasi bermedia internet yang ditemui pengguna layanan Sidaring di Perpustakaan UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan Data Wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian mengambarkan bahwa Layanan Sidaring Perpustakaan UNP adalah inovasi kepustakaan yang menjawab tantangan pandemi Covid-19. Layanan Sidaring ini adalah saluran komunikasi yang memudahkan interaksi antara pemustaka dan pustakawan untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan konsultasi kepustakaan. Hambatan penggunaan layanan Sidaring terjadi karena adanya kendala semantik yang disebabkan oleh adanya perbedaan dalam memahami istilah antara pemustaka dan pustakawan

Keywords


media, komunikasi, pelayanan prima

References


Amelia, R. (2019). Penerapan Sistem Publikasi Informasi Humas dalam Meningkatkan Validitas Informasi di Website Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2906

Cangara, H. (2023). Etika Komunikasi. Prenda.

Fauziah, S., Tarissa, S., Harahap, A., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting Analisis Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Digital pada Perpustakaan UINSU Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 3(20), 252–259. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i2.2428

Hardjana, A. A. (2018). Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. In 2018. Admajaya.

Hasan, S., Yusnanto, T., & Satisfaction, S. B. (2022). Digital Marketing (Issue June).

Hasanah, W. (2022). Dampak Komunikasi Internal Organisasi Terhadap Pelayanan Perpustakaan di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26109/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26109/1/Wisma Hasanah%2C 150503052%2C FAH%2C IP%2C 081350061675.pdf

Irawan, T., Fauzi, M., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Layanan Madrasah Aliyah Nurussalam Sidogede Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Jurnal Mubtadiin, 8(2), 46–74. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin

Listiyono, H., Sani, D. L., Khristianto, T., & Soelistijadi, R. (2022). Desain Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Stikubank Semarang Berbasis Web. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(1), 121–131. https://doi.org/10.51903/pixel.v15i1.742

Margareta, I. E. (2022). Revitalasi Layanan Sirkulasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.20414/light.v2i1.5116

Musfialdy, M. (2020). Organisasi dan Komunikasi Organisasi. Kutubkhanah, 15(1), 83–93. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/255

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf

Santosa, A. B., Sukirman, S., & Subaidi, S. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 136–147. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p136-147

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://www.researchgate.net/profile/Astari-Clara-Sari/publication/329998890_komunikasi_dan_media_sosial/links/5c2f3d83299bf12be3ab90d2/Komunikasi-Dan-Media-Sosial.pdf

Sazaki, Y., Firdaus, M. A., Yusliani, N., Dhita, K., Rosa, D., Rodiah, D., & Zarkasih, A. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Sekolah untuk Peningkatan Efisiensi dan Aksesibilitas di SMK Negeri 1 Muara Enim , Sumatera Selatan. 70–78.

Sheila Maria Belgis Putri Affiza. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana Meningkatkan Kualitas Layanan Penunjung di Perpustakaan Darul Fikri MAN 1 Lamongan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 8.5.2017, 2003–2005.

Sikumbang, A. T. (2019). Komunikasi Bermedia. Jurnal Iqra, 8(1), 63–67. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/64

Suryani, W. (2019). Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 91–100.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Implementasi Manajemen Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v8i2.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright