Peran HRD Coordinator Menangani Penyelenggaraan Rapat Di Merapi Merbabu Hotels & Resorts Bekasi
Abstract
Keywords: meeting, preparation, implementation, meeting minutes.
Abstrak: Kegiatan rapat adalah untuk berkoordinasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap perusahaan. Rapat bisa dilakukan oleh atasan dan rekan kerja. Suatu perusahaan memiliki beberapa jenis rapat berdasarkan jangka waktunya, yaitu rapat mingguan, rapat bulanan, rapat semesteran, dan rapat tahunan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara detail penyelenggaraan rapat di Merapi Merbabu Hotels dan Resorts Bekasi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara serta studi pustaka dengan analisa kualitatif deskriptif. Pada tahap implementasi, HRD Coord dan penyelenggara juga bertindak sebagai notulis dan pengambil keputusan. Pada tahap tindak lanjut, merupakan kegiatan merapikan ruang pertemuan, serta menyelesaikan laporan atau risalah rapat, mendistribusikan, dan pengarsipan risalah rapat. HRD Coord di Merapi Merbabu Hotel Bekasi mengimplementasikan kegiatan mereka kecuali merapikan kamar karena itu adalah tanggung jawab divisi banquet. Laporan rapat dari pertemuan disimpan dalam bentuk soft copy di folder elektronik perusahaan.
Kata Kunci : rapat, persiapan, pelaksanaan, risalah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Don Bosco, Asekma. 2010. Handbook of Modern Secretary, Panduan Sukses Sekretaris dalam Dunia Kerja Modern. Jakarta: PPM.
Junaedi, Edi dan Apriliyanti Ika. 2016 Peran Sekretaris Direktur Pt Toyota Motor Manufacturing Indonesia Dalam Mengelola Rapat Berbasis Sistem Teknologi Informasi Head Office – Jakarta. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang. Vol 3 (2) hal 3.
Nuraida, Ida. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: PT Kanisius.
Priansa, Donni Juni. 2014. Kesekretarisan. Bandung: CV Alfabeta.
Putri Restu Rahma dkk, 2019 Tugas Sekretaris Dalam Menyiapkan Rapat Pimpinan Pada Divisi Msdm Pt. Inti Bandung. Jurnal Adminsitrasi dan Kesekretarisan ISSN 2598-2451. Vol 4 (2) hal 152
Sedarmayanti. 2009. Dasar-dasar Pengetahuan tentang Manajemen Perkantoran. Bandung: CV Mandar Maju.
Susatyo Herlambang, Bambang Heru Marwoto. 2014. Manajemen Kesekretarisan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Suprapto H. 2017. Metodologi Penelitian untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta(ID): GOSYEN.
Tersiana A. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.
Wijana, I Made dan Andora, Peranan Sekretaris Dalam Menyelenggarakan Rapat Di Sekretariat Dprd Kota Tangerang Selatan. Jurnal Sekretaris Vol 3 (1) hal 74.
DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v6i1.520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher STARKI @copyright