Faktor - faktor yang Memengaruhi Kinerja Guru Yayasan Marsudirini Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021-2022
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang memengaruhi kinerja guru Yayasan Marsudirini di Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah angket dan observasi. Angket dibagikan kepada 101 guru. Untuk menilai kompetensi pedagogik, profesional dan kepribadian. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi kinerja guru Yayasan Marsudirini kota Semarang dalam penelitian ini adalah manajerial kepala sekolah dan loyalitas guru. Adapun hasil yang diperoleh 1) Manajerial Kepala Sekolah : selalu mendukung kegiatan lembaga diperoleh lebih dari 50% guru dengan kegiatan - kegiatan kepala sekolah mulai perencanaan penyusunan visi misi sekolah yang berpedoman pada evaluasi, selalu melakukan koordinasi dalam pengambilan keputusan, secara rutin mengadakan rapat dewan guru, melakukan pengawasan kepada guru dan karyawan, meningkatkan kinerja (Restatilahm Fenti et al., 2020) guru,meningkatkan mutu pendidikan memotivasi guru dalam proses pembelajaran, berkomunikasi dengan guru dan karyawan dalam mengatasi permasalahan, bersifat sosial (kekeluargaan).2) loyalitas kerja guru dalam pembelajaran meliputi : aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sesuai dengan pengawasan kepala sekolah diperoleh hasil lebih dari 50% kegiatan guru “Selalu” artinya dalam melaksanakan kewajiban sesuai dengan aturan yang berlaku, mentaati kode etik guru, disiplin, serta setia dalam memberikan pelayanan, bimbingan kepada para siswa dalam studi maupun pengembangan kepribadian siswa. Dan mempunyai daya kreativitas serta motivasi yang tinggi untuk pengembangan pribadi, sekolah maupun masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dan Al-mawaddah Coper, Mt. M. (2020). Mengukur Loyalitas Guru Swasta.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.
Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Magister Administrasi Pendidikan, 3 No. 3, 103–117.
(2017). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tentang Guru. LN 2017/No.107, TLN No. 6058, LL SETNEG : 22 HLM.
Pandey, Chetna dan Rajni Khare. 2012. Impact of Job Satisfaction and Organizational Commitmen on Employee Loyalty. International Journal of Social Sciene & Interdisciplinary Research Vol.1 Issue 8, Agustus 2012 hal. 26-41.
Restatilahm Fenti, Maryani, N., & Fauziah, R. (2020). Loyalitas guru terhadap kinerja guru. E-Journal Skripsi, 3-Mo. 1, 17–30.
Taswir. (2014). Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 2 Sinabang Kabupaten Simeulue. In Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari (Issue 2).
Undang-undang No. 14 tahun 2005.
https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.
DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v7i2.858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher STARKI @copyright