PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RSGM NALA HUSADA SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada Surabaya; dan 2) menguji pengaruh antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi. 2) untuk memastikan dan mengevaluasi pengaruh loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada Surabaya. 3) Melakukan mengetahui dan mengevaluasi pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan secara simultan terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap karyawan RSGM Nala Husada Surabaya. Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Nala Husada Surabaya menjadi lokasi penelitian. Sampel atau responden penelitian ini berjumlah 50 orang. Strategi pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji-t, dan uji F digunakan dalam teknik analisis data. Koefisien determinasi sebesar 0,565 atau 56,5% menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan loyalitas karyawan secara simultan dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan sebesar 56,5%, data penelitian yang berasal dari sumber primer dan sekunder, serta prosedur pengumpulan data berbasis wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai dalam tabel Regresi Linier adalah kelipatan 5.406 dan signifikan secara statistik dengan nilai 0,000 0,05. 2) Loyalitas karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, yang ditunjukkan dengan nilai tabel 2,96 dan tingkat signifikansi 0,005 0,05. 3) Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agus Tunggal Saputra, I Wayan Bagia1, N. N. Y. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manaiemen Indonesia, 4(1), 1–8.
Baskara, B. S., Zein, I. F., Anggraeni, D., Awaluddin, A. I., & Suryana, T. (2022). Kepuasan Kerja Pendidik Profesional dalam Perspektif Psikologi. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 27–40.
Islamiah, iE. H. (2021). Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv Aneka Komputer Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan MAB.
Kusuma, I. P. S. W., & Ardana, K. (2014). Pengaruh penempatan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Udayana University.
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mudayana, A. A. (2020). Pengaruh motivasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 4(2), 24851.
Muhamad, A., Firdaus, M. A., & Azis, A. D. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Disiplin Kierja. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 203–215.
Putri, N. W. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Malindo Intitama Raya. Jurnal Valtech, 1(1), 219–223.
Saputra, A. T., Bagia, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. M. (2016). Pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan. Jiurnal Manajemen Indoniesia, 4(1).
Sausan, N. S. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asia Sakti Wahid Foods Manufacture Medan. Universitas Medan Area.
Susiawan, S., & Muhid, A. (2015). Kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Tugas Kelompok Review Jurnal, 84.
SYAMSUDDIN, R. (n.d.). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Daerah PROVINSI Sulawiesi Selatan.
DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v8i2.995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher STARKI @copyright