PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RSGM NALA HUSADA SURABAYA

Andika Saputra, Rini Fatmawati, Chasan Azari

Abstract


This study seeks to ascertain the relationship between job satisfaction and employee loyalty and employee performance at the Nala Husada Dental and Oral Hospital in Surabaya. The objectives of this research are: 1) to determine and test the effect of job satisfaction on the performance of employees at Nala Husada Dental and Oral Hospital in Surabaya; and 2) to examine the relationship between job satisfaction and organizational commitment. 2) to ascertain and evaluate the impact of employee loyalty on the performance of Nala Husada Dental and Oral Hospital Surabaya's employees. 3) to determine and evaluate the effect of job satisfaction and employee loyalty simultaneously on the performance of employees of Nala Husada Dental and Oral Hospital Surabaya. The research method utilized is a quantitative approach with a survey of RSGM Nala Husada Surabaya employees. The Dental and Oral Hospital (RSGM) Nala Husada Surabaya is the site of the study. This study's sample or respondents totaled 50 individuals. The sampling strategy utilized in this investigation is saturated samples. Classical assumption tests, multiple linear regression tests, t-tests, and F tests are utilized in data analysis techniques. The coefficient of determination of 0.565, or 56.5%, indicates that job satisfaction and employee loyalty can simultaneously explain employee performance variables by 56.5%, research data derived from primary and secondary sources, and the interview-based data collection procedure. The findings of this study indicate that 1) Job Satisfaction significantly influences employee performance. The values in the Linear Regression table are multiples of 5,406 and are statistically significant with values of 0.000 0.05. 2) Employee loyalty has a significant impact on employee performance, as indicated by a table value of 2.96 and a significance level of 0.005 0.05. 3) Simultaneous testing indicates that Job Satisfaction and Employee Loyalty have a significant influence on Employee Performance.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada Surabaya; dan 2) menguji pengaruh antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi. 2) untuk memastikan dan mengevaluasi pengaruh loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada Surabaya. 3) Melakukan mengetahui dan mengevaluasi pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan secara simultan terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Nala Husada Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap karyawan RSGM Nala Husada Surabaya. Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Nala Husada Surabaya menjadi lokasi penelitian. Sampel atau responden penelitian ini berjumlah 50 orang. Strategi pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji-t, dan uji F digunakan dalam teknik analisis data. Koefisien determinasi sebesar 0,565 atau 56,5% menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan loyalitas karyawan secara simultan dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan sebesar 56,5%, data penelitian yang berasal dari sumber primer dan sekunder, serta prosedur pengumpulan data berbasis wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai dalam tabel Regresi Linier adalah kelipatan 5.406 dan signifikan secara statistik dengan nilai 0,000 0,05. 2) Loyalitas karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, yang ditunjukkan dengan nilai tabel 2,96 dan tingkat signifikansi 0,005 0,05. 3) Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

Keywords


loyalitas karyawan, kinerja karyawan, kepuasan kerja

References


Agus Tunggal Saputra, I Wayan Bagia1, N. N. Y. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manaiemen Indonesia, 4(1), 1–8.

Baskara, B. S., Zein, I. F., Anggraeni, D., Awaluddin, A. I., & Suryana, T. (2022). Kepuasan Kerja Pendidik Profesional dalam Perspektif Psikologi. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 27–40.

Islamiah, iE. H. (2021). Pengaruh Kepuasan Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv Aneka Komputer Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Kusuma, I. P. S. W., & Ardana, K. (2014). Pengaruh penempatan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Udayana University.

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mudayana, A. A. (2020). Pengaruh motivasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 4(2), 24851.

Muhamad, A., Firdaus, M. A., & Azis, A. D. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Disiplin Kierja. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 203–215.

Putri, N. W. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Malindo Intitama Raya. Jurnal Valtech, 1(1), 219–223.

Saputra, A. T., Bagia, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. M. (2016). Pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan. Jiurnal Manajemen Indoniesia, 4(1).

Sausan, N. S. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asia Sakti Wahid Foods Manufacture Medan. Universitas Medan Area.

Susiawan, S., & Muhid, A. (2015). Kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Tugas Kelompok Review Jurnal, 84.

SYAMSUDDIN, R. (n.d.). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Daerah PROVINSI Sulawiesi Selatan.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v8i2.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright